Mengenalkan Kisah Teladan Sepanjang Masa Melalui Nabiku Idolaku Balita

  • Home
  • Event
  • Mengenalkan Kisah Teladan Sepanjang Masa Melalui Nabiku Idolaku Balita
Nabiku Idolaku Balita

Penulis: Syahidatul Khofifah 

 

Parents, banyaknya distraksi di sekeliling putra-putri kita seperti gadget, media sosial, dan banyak lagi, membuat tugas kita dalam mendidik dan menuntun mereka menjadi semakin menantang. Apa yang dikenalkan dan dipelajari di usia-usia emas tersebut bisa memengaruhi perilakunya kelak. Mengapa? Pada usia balita, otak si Kecil berada dalam fase yang sangat responsif terhadap pembelajaran dan pola-pola perilaku. Dengan demikian, penting sekali, nih, untuk Parents membentuk fondasi putra-putri kita dengan pendidikan anak usia dini. 

Untuk memperkuat pondasi spiritual anak-anak, Parents bisa banget mempraktikkan parenting Islami di rumah. Salah satu caranya dengan membacakan kisah-kisah Islami kepada si Kecil. Ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, misalnya sebelum tidur atau saat waktu senggang. Tetapi, pilihan cerita yang dibacakan itu juga mempunyai peran yang sangat penting. Salah satunya, cerita yang dibacakan mengandung nilai-nilai kebaikan seperti keadilan, kasih sayang, dan kejujuran. Dengan begitu, Parents bisa membantu si kecil membangun fondasi moral yang kokoh dari dini, Loh!

Perlukah Mengenalkan Kisah para Nabi dan Rasul kepada Balita?

Ada banyak kisah Islami yang cocok dibacakan kepada si kecil. Tapi yang paling penting dan wajib untuk Parents adalah mengenalkan kisah para nabi dan rasul. Kisah-kisah teladan ini sudah jadi inspirasi dan teladan sepanjang masa, jadi tentu saja ini tidak boleh terlewatkan dalam  menemani proses tumbuh kembang dan pembentukan karakter anak. Loh, memangnya Kisah Para Nabi dan Rasul masih relevan dan perlu dikenalkan kepada putra-putri kita?

Jawabannya, tentu sangat relevan dan perlu, loh, Parents! Kisah-kisah para nabi dan rasul ini mempunyai daya tarik yang timeless karena nilai-nilai yang dikandungnya itu sangat fundamental dan universal. Sehingga, sampai sekarang masih sangat relevan untuk dipelajari dan diteladani, di mana pun dan kapan pun. Prinsip-prinsip dan nilai-nilai kebaikan dalam setiap kisahnya pun bisa kita terapkan untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang kita hadapi sekarang. Tidak hanya itu, kisah-kisah para nabi dan rasul sering kali penuh dengan petualangan, sehingga imajinasi anak-anak melejit dan kreativitas mereka berkembang. Tentu saja kisah-kisah itu bisa menjadi alat pembelajaran yang seru untuk anak-anak. 

Mengenalkan Kisah para Nabi dan Rasul dengan Mengasyikkan? Tentu Saja, Bisa!

Lalu, adakah cara mengenalkan kisah para nabi dan rasul supaya tidak membosankan dan terlalu padat untuk balita?

Parents harus kenalan, nih, dengan seri Nabiku Idolaku Balita yang diterbitkan oleh Pelangi Mizan Premium. Nabiku Idolaku Balita adalah buku yang memperkenalkan kisah 25 Nabi dan Rasul kepada anak-anak, khususnya balita. Buku ini juga mendukung proses belajar balita dan anak-anak dalam pembentukan karakter yang kuat. 

Apa yang Unik dari Nabiku Idolaku Balita?

Nabiku Idolaku Balita mempunyai beberapa perbedaan dari buku-buku sejenis, nih! Konsepnya sangat unik karena memang dirancang khusus untuk balita. Dari segi fisik, ukurannya sangat ergonomis, jadi memudahkan untuk digenggam oleh tangan-tangan kecil putra-putri kita. Meskipun berbentuk board book yang tebal, buku ini tetap ringan dan praktis buat dibawa ke mana-mana. Untuk Parents yang suka traveling bareng si kecil, buku ini bisa menjadi solusi. Jadi, ketika si kecil rewel di perjalanan, tinggal dibacakan cerita dari Nabiku Idolaku Balita ini.

Jumlah halamannya juga disesuaikan dengan kemampuan balita menangkap informasi sehingga penyajian teks tidak terlalu banyak. Sudut setiap buku dibuat round, pasti aman untuk si Kecil yang suka bereksplorasi dengan buku di sekelilingnya. Jadi, parents tidak perlu khawatir lagi, deh, buku Nabiku Idolaku Balita ini dipastikan nyaman dan aman buat si kecil, baik untuk dibaca di rumah maupun saat dibawa jalan-jalan!

Bagaimana dengan konten di dalamnya? Memangnya bisa mengenalkan kisah para nabi dan rasul dalam buku sekecil itu?

Tentu saja bisa! Selain jumlah halaman, isi konten buku ini pun disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Meskipun berukuran kecil, Nabiku Idolaku Balita tetap mampu menghadirkan kisah-kisah inspiratif para nabi dan rasul di dalamnya. Kisah-kisahnya disampaikan dalam kalimat-kalimat pendek dan mudah dipahami. Ini memungkinkan Parents untuk menceritakan atau mendongengkannya sesuai dengan gaya masing-masing. 

Gaya bahasa yang digunakan pun lugas dan santun, sehingga mampu menanamkan nilai-nilai keteladanan para nabi dengan cara yang sesuai dengan pemahaman anak-anak. Jadi, meskipun dalam bentuk buku sekecil itu, Nabiku Idolaku Balita tetap menjadi sarana yang efektif untuk mengenalkan dan mengajarkan kisah-kisah spiritual kepada si Kecil dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Visual yang Unik, Daya Tarik bagi si Kecil 

Bicara mengenai buku untuk anak-anak, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tentang sesuatu yang bisa memikat mata kecil putra-putri kita. Apalagi kalau bukan gambar penuh warna dan bentuk yang bisa memanjakan penglihatan si Kecil. Parents, keunikan Nabiku Idolaku Balita ini juga bisa dilihat dari konsep visualnya yang tidak biasa. Dari 25 jilid yang mewakili 25 nabi, di setiap jilidnya mempunyai karakter visualnya sendiri. 

Yang lebih menarik lagi, ilustrasinya tidak menggambarkan sosok nabi dan menampilkan ikon-ikon simbolik dari setiap kisah. Sehingga, buku ini bisa menjadi sarana bonding anak-anak dan Parents untuk bereksplorasi dan menginterpretasikan gambar-gambar tersebut bersama-sama. Bukan cuma ceritanya yang menarik, tapi juga ilustrasinya yang membuat buku ini jadi lebih unik dan istimewa!

E-Pen Bluetooth, Bermain dan Belajar dengan Teknologi

Dalam mendidik si Kecil, ada tips parenting dari sahabat ‘Alī bin Abī Ṭālib r.a. yaitu, 

“Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu.” 

Kutipan ini sangat relevan dalam konteks pendidikan anak, termasuk pendidikan anak balita muslim. Meskipun zaman dan konteks berubah, prinsip dasar pendidikan anak tetap berlaku. Dengan menggunakan buku seperti Nabiku Idolaku Balita yang dirancang khusus untuk anak-anak, khususnya balita, orangtua dapat memastikan bahwa mereka memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman anak.

Mengapa masih relevan? Nabiku Idolaku Balita ini hadir dengan E-pen Bluetooth atau Smartpen  untuk menambah pengalaman si Kecil dalam meneladani kisah-kisah para nabi. Smartpen yang disertakan dapat terhubung dengan aplikasi di smartphone di rumah. Smartpen ini juga bisa digunakan untuk memainkan permainan interaktif yang membantu anak-anak mengulang dan memperkuat kesan tentang kisah para nabi yang telah dibaca. Jadi, belajar tentang kisah nabi bisa sambil belajar teknologi juga, loh!

Kata Ahli tentang Nabiku Idolaku Balita 

Menurut Prof. Dr. K.H. Miftah Faridl, Editor Ahli Nabiku Idolaku Balita, sejak kecil, anak-anak harus mengenal para nabi dan rasul Allah Swt. Mereka harus dididik agar para nabi dan rasul Allah Swt.menjadi idola dan teladan hidup mereka. Sehingga, tentu saja Nabiku Idolaku Balita ini bermanfaat untuk maksud tersebut. 

Nabiku Idolaku Balita tidak hanya paket buku balita, tetapi juga alat pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Buku ini bisa menjadi kawan belajar yang tak tergantikan bagi anak-anak dan para orangtua. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jadikan Nabiku Idolaku Balita sebagai bagian dari petualangan mengenal kisah-kisah teladan sepanjang masa untuk si kecil hari ini!

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *