Halo Balita, Teman Bertumbuh si Kecil

  • Home
  • Event
  • Halo Balita, Teman Bertumbuh si Kecil
Halo Balita

Parents sering kebingungan tidak, sih, ketika akan memilih buku untuk si Kecil? Bingung buku yang tepat seperti apa, temanya yang bagaimana, pesannya apa, dan sebagainya. 

 

Kebingungan seperti ini sangat wajar, kok. Karena, memilih buku yang tepat untuk si Kecil adalah langkah penting untuk membentuk kecintaan mereka terhadap membaca. Namun, buku yang tepat tidak hanya yang bisa mengembangkan keterampilan membaca si Kecil, tetapi juga yang mampu membuka pintu dunia imajinasi dan pengetahuan mereka. 

 

Tidak hanya itu, Parents. Minat dan tingkatan usia si Kecil juga perlu diperhatikan agar mereka dapat merasakan pengalaman membaca yang menarik dan relevan. Kabar bahagianya, Halo Balita mampu menjawab segala kebingungan Parents ketika akan memilih buku yang tepat untuk si Kecil. Kira-kira kenapa, ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Halo Balita dan Segudang Manfaatnya

 

Prof. Juke Siregar, seorang psikolog klinis anak yang sudah berkecimpung di dunia anak selama puluhan tahun, menyampaikan bahwa masa balita merupakan masa keemasan bagi perkembangan si Kecil. Usia tersebut juga adalah waktu yang ideal bagi mereka untuk mempelajari berbagai macam keterampilan, membentuk kebiasaan-kebiasaan baik, serta memperoleh konsep-konsep dasar untuk memahami diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

 

Dalam usia keemasannya ini, anak-anak itu belajar tiga hal. Pertama, basic knowledge atau pengetahuan dasar, seperti pengenalan nama-nama benda, angka, huruf, warna, dan kata-kata. Lalu yang kedua, yaitu nilai moral, seperti belajar mengucapkan terima kasih, belajar menyayangi, bersabar, dan lain sebagainya yang harus si Kecil latih sejak dini. Dan ketiga, nilai-nilai agama, yang mencakup penanaman hal-hal baik sesuai dengan tuntunan dalam agama Islam. 

 

Dengan paket buku Halo Balita, Parents tidak perlu repot untuk mengumpulkan satu per satu buku dari berbagai judul untuk menunjang semua aspek pembelajaran tersebut. Karena, semua kebutuhan pendidikan dasar untuk si Kecil sudah dirangkum dan disajikan lengkap dalam satu paket buku Halo Balita!

 

Setiap halaman dalam paket Halo Balita dirancang agar si Kecil mudah menangkap informasi yang disampaikan. Ceritanya juga disajikan dengan kalimat-kalimat pendek dan pemilihan kata yang sederhana serta didominasi gambar dengan warna yang nyaman untuk anak-anak.

 

Halo Balita, Bukan Buku Semata

 

Halo Balita memang bukan satu-satunya pilihan untuk si Kecil. Dan kini, tentunya sudah banyak sekali buku anak yang bertebaran, ya, Parents. Tapi, Halo Balita hadir bukan sebagai buku semata ataupun bahan bacaan yang usai sekali dibaca. Halo Balita menjadi solusi dan jawaban untuk segala kebingungan serta kekhawatiran Parents dalam penanaman nilai-nilai baik untuk si Kecil, yang nantinya akan menjadi prinsip yang akan terus mereka pegang sampai dewasa. 

 

Melalui buku Halo Balita juga Parents bisa mengetahui dan memahami aspek-aspek perkembangan balita, yang mencakup aspek motorik, sosial, emosi, intelektual, dan bahasa. Halo Balita ini juga dikonsep dengan kuat dan melibatkan ahli sehingga apa yang disajikan betul-betul sesuai dengan perkembangan anak usia dini. 

 

Paket Halo Balita ini terdiri atas 25 jilid buku yang terbagi ke dalam tiga tema, yaitu Self Help, Value, dan Spiritual, satu buku besar yang menjadi buku bonus, dan satu buku panduan orangtua. 

 

9 Jilid Self Help

Pertama, tema Self Help. Topik ini melatih kebiasaan dan kemandirian si Kecil dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti makan, mandi, merapikan mainan, dan hal-hal lain yang dekat dengan dunia si Kecil. 

 

11 Jilid Value

Yang kedua, ada tema Value. Topik ini melatih si Kecil agar mulai memahami dan menerapkan nilai-nilai moral dasar, seperti belajar menyayangi dan bersikap santun kepada sesama. 

 

5 Jilid Spiritual

Yang ketiga, tema Spiritual. Topik ini melatih si Kecil untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pengembangan awal seputar keyakinan dalam kehidupan beragama. 

 

1 Jilid Hello Kids 

Jilid Hello Kids merupakan buku besar yang berisi keseluruhan cerita paket Halo Balita dalam versi bahasa Inggris. Ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengenalkan bahasa asing kepada si Kecil juga, ya. 

 

Panduan Orangtua

 

Buku ini merupakan panduan dalam menggunakan paket Halo Balita bersama si Kecil. Di dalamnya terdapat petunjuk penggunaan buku Halo Balita, informasi penting tentang dunia balita, dan tips praktis seputar keayahbundaan. Jadi, Parents akan sangat terbantu ketika akan membacakan buku Halo Balita ini kepada si Kecil. 

 

Eksplorasi Seru Halo Balita 

 

Parents pernah membaca buku bersama si Kecil menggunakan e-Pen? Kalau belum, Parents bisa mengeksplorasi e-Pen ketika membacakan buku Halo Balita. E-Pen merupakan perangkat audio yang bisa membacakan dialog, mengeluarkan efek suara, dan membacakan teks yang terdapat dalam buku jika disentuhkan ke halaman bukunya. Tentunya, ini dapat memberikan pengalaman baru juga bagi si Kecil, ya. 

 

Selain e-Pen, paket Halo Balita juga berisi tiga buah boneka tangan. Ada boneka Sali, Saliha, dan Kumi yang bisa menjadi alat bantu Parents saat menceritakan isi buku Halo Balita. Dus kemasan bukunya pun dapat dijadikan sebagai panggung boneka, loh! Jadi, kegiatan membaca terasa lebih menyenangkan karena si Kecil bisa belajar sambil bermain.

 

Tidak hanya itu, dalam setiap jilid buku Halo Balita, terdapat halaman Petunjuk untuk Orangtua. Ini memberikan gambaran tentang tujuan dari cerita yang akan disampaikan. Pada bagian ini juga disajikan tips-tips praktis untuk Parents sebagai bahan diskusi bersama si Kecil. 

 

Lalu, ada juga Halaman Interaktif di setiap jilidnya. Bagian ini menyediakan halaman yang bisa dibuka tutup atau kita kenal dengan flip the flap. Tujuannya untuk mengajak si Kecil berinteraksi dengan buku serta membantu menguatkan kesan mereka terhadap cerita yang disampaikan. 

 

Kata Mereka tentang Halo Balita 

 

Halo Balita sudah hadir sejak 2005. Artinya, hampir 20 tahun Halo Balita menemani ratusan ribu keluarga di Indonesia, dan bahkan keluarga di mancanegara. Wah, kok, ada sampai mancanegara? Karena, Halo Balita telah diterjemahkan dan diterbitkan di luar negeri, yaitu di Australia, Pakistan, dan Turki. 

 

Banyak orangtua dan anak-anak yang sudah merasakan langsung manfaat membaca buku Halo Balita. Beberapa kesannya seperti ini. 

 

Wah, bahagia sekali rasanya, apabila Halo Balita ini ternyata begitu berkesan di hati para orangtua dan anak-anak. Semoga berkesan juga bagi Parents dan si Kecil di rumah, ya!

 

Ajak si Kecil Tumbuh Bersama Halo Balita

 

Sejak hadir pada 2005, Halo Balita sudah menjadi teman bertumbuh anak-anak, yang di tahun ini, mungkin mereka sudah menginjak usia remaja, bahkan dewasa. Nilai dan pesan yang kuat dalam paket Halo Balita menjadi daya tarik bagi para orangtua. 

 

Halo Balita bukan sekadar buku, bukan juga sebatas produk “mahal” yang perlu dipertimbangkan berkali-kali sebelum memilihnya. Lebih dari itu, Halo Balita adalah teman pertama si Kecil; teman mereka bertumbuh dan mengenal hal-hal baik sebagai bekal di usia dewasa mereka nanti. 

 

Anak-anak adalah peniru. Mereka akan meniru apa pun di sekitar mereka. Apalagi, di usia balita ini, rasa ingin tahunya sangat tinggi. Mereka juga akan bersikap sesuai dengan apa yang mereka lihat, alami, dan dengar. Jadi, anak-anak sangat perlu untuk diberikan fondasi yang kuat sejak dini sebagai langkah awal agar mereka akrab dengan kebiasaan-kebiasaan baik; akrab dengan buku dan pesan-pesan di dalamnya. 

 

Tidak hanya sebagai pembentuk kebiasaan baik, harapannya, ini juga bisa membentuknya menjadi anak yang cerdas, toleran, dan mampu menghargai teman. Karena, judul-judul dalam paket Halo Balita sudah merangkum semua prinsip dasar yang harus dimiliki dan dilatih si Kecil sejak dini.

 

Jadi, yuk, jadikan Halo Balita ini sebagai teman bertumbuh si Kecil!

 

[Ana D. Itsna Pebriana, Redaksi Pelangi Mizan] 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *