Character Building di Era Digital Melalui Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw.

  • Home
  • Event
  • Character Building di Era Digital Melalui Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw.

Penulis: Syahidatul Khofifah 

 

Mengapa Perlu Menghadirkan Sosok Teladan di Era Digital?

Parents, dalam era digital dan kecanggihan teknologi saat ini, memudahkan akses ke berbagai hal. Sisi positifnya, ada banyak pengetahuan dan pembelajaran yang bisa dijangkau oleh putra-putri kita. Namun, ini juga menyebabkan mudahnya berbagai karakter  diserap oleh putra-putra kita. Tentu saja dalam hal ini pendidikan karakter menjadi semakin penting dalam pembentukan generasi masa depan yang tangguh dan berkualitas. 

 

Salah satu pendekatan yang terbukti efektif dalam pembentukan karakter adalah dengan menghadirkan teladan-teladan untuk anak melalui kisah-kisah inspiratif mereka. Dengan begitu, anak yang sering disebut dengan ‘peniru yang andal’, akan meniru pula karakter dari sosok idola atau teladannya tersebut. Ada banyak sosok yang bisa kita hadirkan untuk menjadi teladan bagi anak, salah satunya adalah para Sahabat Rasulullah Saw.

 

Teladan dari Para Sahabat Rasulullah Saw. 

 

Produk terbaru dari Pelangi Mizan Premium menghadirkan konsep ‘Pembentukan Karakter’ melalui kisah-kisah para sahabat Rasulullah Saw. Paket Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini tidak sekadar menyajikan kisah-kisah dari masa lalu, tetapi juga mengeksplorasi karakter dan nilai-nilai yang dapat menjadi teladan bagi anak-anak dan remaja masa kini. Dengan pendekatan yang menarik, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini memperkenalkan putra-putri kita kepada kisah-kisah inspiratif dari 64 sahabat Rasulullah Saw., yang dipilih secara apik untuk menyoroti karakteristik unik masing-masing sahabat.

 

Ada banyak karakter khas dalam kisah-kisah tersebut, seperti, kejujuran dari sahabat Abū Bakar r.a.dan ‘Abdullāh bin Mas‘ūd r.a. Ada pula kisah sang pemberani dari kaum Quraisy, ‘Umar bin al-Khaṭṭāb r.a. dan Ḥamzah bin ‘Abdul Muṭṭalib r.a., sang Singa Allah Swt. Ja‘far bin Abī Ṭālib r.a. dan Ṭalḥah bin ‘Ubaidillāh r.a. yang dermawan dan murah hati. Tak hanya itu, putra-putri kita juga bisa belajar leadership dari kisah Khālid bin al-Walīd r.a. beserta Abū ‘Ubaidah bin al-Jarrāḥ r.a. Atau belajar rendah hati dan rajin belajar dari para perawi terkenal seperti Abū Hurairah r.a., ‘Abdullāh bin ‘Umar r.a.  dan ‘Abdullāh bin ‘Abbās r.a. yang bahkan diberi gelar tinta umat, dan masih banyak lagi.

 

Memotret Karakter melalui Kisah yang Khas

 

Salah satu aspek yang membuat Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini istimewa adalah pendekatan penyajian teks ceritanya. Dalam memotret potongan-potongan scene dalam kehidupan para sahabat, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini menonjolkan karakter-karakter yang membedakan setiap sahabat. Hal ini tidak hanya membuat cerita lebih hidup dan menarik, tetapi juga memudahkan pembaca, terutama anak-anak, untuk mengidentifikasi dan meneladani sifat-sifat positif yang terkandung dalam cerita.

 

Namun, keunggulan Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini tidak hanya terletak pada narasi ceritanya. Tambahan informasi di setiap akhir kisah yang diberikan bagi Parents juga merupakan nilai tambah yang signifikan. Informasi tersebut tidak hanya berupa fakta dan data tambahan, tetapi juga panduan untuk memancing diskusi-diskusi dengan putra-putri kita. Karena itu, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini bukan hanya menjadi alat pembelajaran bagi anak-anak, tetapi juga menjadi sarana untuk memperkuat hubungan antara orangtua dan anak.

 

Web Aplikasi, Mengenal Teladan Para Sahabat Jadi Lebih Mengasyikan!

 

Untuk mengakomodasi perkembangan teknologi dan minat anak-anak masa kini, paket Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini juga dilengkapi dengan web apps interaktif. Di dalamnya, pengguna dapat menemukan berbagai permainan dan aktivitas interaktif yang dirancang untuk mendalami nilai-nilai yang terkandung dalam kisah-kisah tersebut. Ada juga Hikmah cerita yang disusun oleh psikolog anak, Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd., Psikolog, dan Dr. Poeti Joefiani, M.Si, Psikolog yang disajikan dalam bentuk flashcard menjadi tambahan berharga untuk memperkuat pemahaman anak-anak terhadap pelajaran moral dari setiap kisah.

 

Keberadaan web apps ini tidak hanya sebagai sarana pendukung, tetapi juga sebagai wujud adaptasi terhadap tren digitalisasi yang sedang berkembang. Dengan memanfaatkan teknologi, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak.

 

Mengapa Harus Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw

 

Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. menawarkan pengalaman belajar yang holistik, yang tidak hanya mencakup aspek kognitif, tetapi juga emosional dan sosial. Dengan menggabungkan cerita yang mendalam dengan teknologi yang inovatif, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini membuka pintu bagi anak-anak untuk menjelajahi dunia nilai-nilai moral secara lebih menyenangkan dan interaktif.

 

Sebagai bagian dari upaya pembentukan karakter dan moral, pemahaman terhadap nilai-nilai keislaman juga menjadi sangat penting. Dalam hal ini, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini memberikan kontribusi yang berarti dengan menyajikan kisah-kisah dari para sahabat Rasulullah Saw., yang merupakan teladan utama dalam Islam. Dengan memahami dan meneladani perjalanan hidup mereka, diharapkan anak-anak dapat mengadopsi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari mereka.

 

Selain itu, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini juga memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengembangkan empati dan toleransi melalui pemahaman terhadap keberagaman karakter dan latar belakang sosial para sahabat. Dengan menyoroti kisah-kisah dari berbagai kalangan, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini mengajarkan kepada anak-anak pentingnya menghargai perbedaan dan menjalin hubungan yang harmonis dengan sesama.

 

Dalam konteks pendidikan karakter, peran orangtua dan pendidik sangatlah penting. Oleh karena itu, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini juga memberikan dukungan bagi orangtua dan pendidik dengan menyediakan panduan dan informasi tambahan yang berguna dalam membimbing anak-anak. Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. tidak hanya menjadi alat pembelajaran di sekolah, tetapi juga sumber referensi yang berharga bagi orangtua dan pendidik dalam mendukung pembentukan karakter anak-anak.

 

Kata Mereka Tentang Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw.

 

Pelangi Mizan berkomitmen untuk menghadirkan bacaan yang sehat sehingga selalu melibatkan para ahli dalam proses pembuatan setiap produk-produknya. Prof. Dr. H. Afif Muhammad, M.A., seorang pakar tafsir Islam dan Guru Besar Pemikiran Islam, adalah salah satu pembaca ahli dari Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. Dalam pengantar bukunya, beliau menyatakan bahwa Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. ini bukan sekadar kumpulan cerita, tetapi juga sebuah wahana untuk pembentukan karakter dan moral yang mulia bagi anak-anak. Dengan bahasa yang menarik dan ilustrasi yang memukau, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. diharapkan dapat menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan anak-anak, membantu mereka menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan mereka di masa depan.

 

Secara keseluruhan, produk ini menawarkan pendekatan yang komprehensif dalam pembentukan karakter dan moral anak-anak. Dengan menggabungkan kisah-kisah inspiratif, teknologi yang inovatif, dan dukungan bagi orangtua dan pendidik, Seri Kisah Para Sahabat Rasulullah Saw. bisa menjadi sebuah sarana yang efektif dalam membantu anak-anak mengembangkan karakter yang tangguh untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dengan demikian, Seri ini tidak hanya menjadi sumber pengetahuan, tetapi juga kawan dalam perjalanan pendidikan dan pembentukan karakter anak-anak.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *