News Feed

WhatsApp Image 2023 12 28 at 10.05.36 90x80
full2 90x80
hero1 2 90x80

Buku Korea Terbaik yang Bantu Anak Jadi Cerdas

  • Home
  • Buku
  • Buku Korea Terbaik yang Bantu Anak Jadi Cerdas
Buku Korea Terbaik

Parents, tentunya Parents sudah tahu ‘kan kalau industri hiburan Korea Selatan saat ini sangat terkenal dan mendunia? Dimulai dari film, musik, hingga drama Korea yang biasa disingkat drakor sangat mendunia dan menerima banyak respons positif dari dunia. Tak sampai situ, kini buku Korea terbaik bahkan sudah mulai masuk ke Indonesia. Parents, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali peminat akan industri hiburan Korea Selatan. Indonesia pada 2021 bahkan menempati urutan pertama dengan peminat K-Pop terbanyak di dunia di Twitter. Hal tersebut mengacu pada laporan Twitter yang dilakukan oleh Unique Authors.

Tak pandang bulu, berbagai gender dan berbagai kalangan usia di Indonesia menyukai industri hiburan Korea Selatan. Mulai dari remaja hingga dewasa, semua menyukai berbagai jenis hiburan yang disajikan. Sepertinya hampir semua Parents sudah tahu akan fakta itu. Namun, sudah tahukah Parents bahwa selain baik reputasinya di dunia hiburan, rupanya Korea Selatan juga baik di dunia pendidikan? 

Berdasarkan riset yang diunggah di WorldData.info, Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan skor IQ tertinggi di dunia. Korea Selatan menempati peringkat keenam yang rata-rata masyarakatnya memiliki IQ tinggi dibandingkan negara lain di dunia. Lalu di mana Indonesia? Sayangnya, Parents harus mengetahui bahwa Indonesia berada jauh di bawah Korea Selatan. Meskipun bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia dan Korea Selatan sama, tetapi peringkatnya begitu jauh berbeda. 

Pada kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di 2023 lalu, Muhammad Syarif Bando yang menjabat sebagai Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menyatakan bahwa Korea Selatan menjadi negara maju karena tingkat literasinya yang tinggi. Sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Ketua Perpusnas RI, Dedie A. Rachim yang merupakan Wakil Wali Kota Bogor berpendapat bahwa berkembangnya Korea Selatan menjadi negara maju berawal dari perintah untuk meningkatkan studi literatur. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa literasi memiliki pengaruh yang sangat besar bagi tingkat pendidikan masyarakatnya. Korea Selatan yang mengedepankan literasi masyarakatnya pada akhirnya membuahkan hasil berupa tingkat IQ rata-rata masyarakat yang tinggi.

Sebenarnya apa kaitan antara tingkat IQ dengan literasi? Perlu Parents ketahui bahwa dilansir dari HalloSehat, ada beberapa aspek yang dinilai pada tes IQ. Di antaranya adalah kemampuan berbahasa, matematika, penyimpanan memori, kecepatan dalam memproses atau mempelajari hal baru, pemrosesan visual, dan kemampuan penalaran. Lalu bagaimana cara meningkatkan berbagai kemampuan itu? Salah satunya adalah dengan meningkatkan literasi atau banyak membaca buku. Seperti yang semua orang katakan, “buku adalah jendela dunia.” Maka, bukalah jendela itu dengan selebar-lebarnya dengan banyak membaca buku.

Parents, tentunya Parents sangat menginginkan si Kecil untuk tumbuh menjadi anak yang pintar atau cerdas. Untuk mewujudkan hal itu, dukunglah anak dengan memberikan buku yang terbaik untuk bantu meningkatkan tingkat kecerdasan anak. Mengingat bahwa dari seluruh dunia Korea merupakan salah satu negara yang berada pada peringkat atas dengan tingkat IQ yang baik, maka berikut kami sajikan rekomendasi buku Korea terbaik di dunia buku Korea. Akan kami sajikan juga rekomendasi buku-buku anak Korea yang akan bantu si Kecil untuk belajar hal baru dan membuka jendela baru. Di antaranya ada buku Baby all Baby yang merupakan salah satu buku Korea terbaik. Selain itu, ada juga Little Mathematician buku pendidikan Korea terbaik.

Dunia Buku di Korea

Parents, seperti yang sudah disebutkan di atas, Korea merupakan negara yang memiliki tingkat literasi yang sangat tinggi. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari dukungan pemerintah yang memberikan fasilitas untuk masyarakatnya. Pemerintah Korea Selatan menyediakan ruang untuk dunia buku di Korea. Sudah sejak sepuluh tahun lalu pemerintah Seoul (Ibu Kota Korea Selatan) membuat program “Rencana Komprehensif Pengembangan Perpustakaan Seoul I”. 

Program tersebut tujuannya adalah untuk mendirikan perpustakaan di seluruh kota Seoul. Ditargetkan setiap 10 menit berjalan kaki, masyarakatnya akan menemukan perpustakaan. Program tersebut dibuat untuk meningkatkan minat baca dan tingkat literasi penduduk kotanya. Muncul harapan bahwa setiap penduduk bisa membaca buku setidaknya 20 buku setahun. Meskipun kecil, tetapi jumlah perpustakaannya banyak sehingga jumlah bukunya pun banyak. Perpustakaannya pun beragam, dimulai dari perpustakaan anak, perpustakaan khusus wanita, untuk pasien demensia, dan berbagai perpustakaan lainnya. Dapat disimpulkan bahwa dunia buku di Korea sangat baik karena diberikan ruang khusus oleh pemerintahnya. Pola asuh keluarga di Korea juga mengajarkan anak untuk gemar membaca.

Di Indonesia sendiri saat ini juga sudah tersedia fasilitas perpustakaan di berbagai wilayah. Namun, mungkin tidak semua Parents berkesempatan untuk pergi ke perpustakaan daerah. Selain itu, untuk mengenalkan kebiasaan membaca pada anak, sebetulnya tidak perlu jauh-jauh pergi ke perpustakaan. Untuk memulai kebiasaan membaca, anak bisa diajarkan membaca di lingkungan terdekat, yakni di lingkungan keluarga. 

Anak adalah peniru yang unggul. Apabila Parents sering membaca di depan si Kecil, maka si Kecil akan ikut tertarik untuk membaca. Di situlah Parents harus memfasilitasi si Kecil agar gemar membaca. Parents harus mengajarkan si Kecil membaca, mendampinginya, dan membimbingnya. Yang lebih penting lagi, Parents harus terlebih dahulu menemukan bacaan yang tepat dan bagus untuk diberikan pada si Kecil. Berikut kami rekomendasikan beberapa buku yang bagus untuk si Kecil. 

Rekomendasi Buku Anak Korea

Seperti yang sudah dibahas di atas, Korea memiliki kualitas pendidikan yang bagus. Kualitas pendidikan yang bagus itu salah satu faktornya karena tersedianya buku yang berkualitas tinggi dan bagus. Tak hanya untuk dewasa, di Korea juga tersedia banyak sekali buku anak-anak yang berkualitas tinggi dan bagus. Sayangnya, tidak semua Parents di Indonesia bisa mengerti dan memahami bahasa Korea yang hurufnya saja sudah berbeda. Jika menggunakan aplikasi penerjemah, sepertinya Parents dan si Kecil akan kurang menikmati buku yang ada. Keterbatasan bahasa itu menjadi penghambat yang menunda Parents membacakan buku dengan kualitas tinggi yang berbahasa Korea pada si Kecil.

Akan tetapi, kabar baik telah datang karena ternyata kini sudah tersedia buku anak Korea yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Tentunya penerjemahan yang dilakukan dari bahasa Korea ke bahasa Indonesia ini tidak mengubah apapun selain bahasa. Dengan begitu, buku yang ada tetap memiliki nilai-nilai yang sama. Buku yang diterjemahkan ini tetap memuat pesan yang berharga dan tentunya bermanfaat bagi perkembangan si Kecil di masa keemasannya. Yuk simak bukunya!

Baby All Baby

Baby All Baby adalah salah satu buku anak terjemahan dari Korea Selatan. Buku ini merupakan buku yang dirancang khusus menunjang dan menstimulasi tumbuh kembang anak dari usia 0 s.d. 3 tahun. Namun, anak di atas usia 3 tahun tentunya tetap bisa membaca dan menikmati buku ini. Baby All Baby hadir untuk membantu Parents dalam mengembangkan berbagai kecerdasan si Kecil.

Untuk membantu mengembangkan beragam kecerdasan si Kecil secara seimbang, Baby All Baby program terpadunya dibagi menjadi enam area. Area yang pertama adalah area tubuh, lalu yang kedua adalah area ekspresi, yang ketiga adalah area pengenalan, kemudian yang keempat adalah area bahasa, yang kelima adalah area emosi, dan yang keenam adalah area keseharian. Keenam area tersebut disajikan dalam 15 buku cerita bergambar yang full color sehingga akan sangat menarik perhatian si Kecil. Ilustrasi yang ada juga akan memanjakan mata Parents dan si Kecil. Buku Baby All Baby ini dicetak dalam bentuk hard book sehingga Parents tak perlu khawatir buku akan rusak karena si Kecil atau karena usia. Tak hanya buku, si Kecil juga akan senang karena mendapatkan smart card, ring book, dan tas yang menggemaskan dari Baby All Baby.

Buku-buku di dalam Baby All Baby ini memiliki nilai dan fungsi yang beraneka ragam. Buku dengan tema ekspresi akan membantu menstimulasi imajinasi dan ekspresi si Kecil. Selain itu, buku ekspresi akan membantu Parents mengajarkan si Kecil cara untuk memecahkan masalah dan memperluas pandangannya akan segala sesuatu. Sementara itu, buku tema tubuh bisa dijadikan mainan oleh si Kecil sehingga Parents tak perlu risau si Kecil akan bosan dengan buku.

Buku dengan tema tubuh akan membantu si Kecil untuk mengeksplorasi tubuhnya dengan sentuhan dan permainan visual yang melatih mata. Selain itu, otot si Kecil juga akan turut terlatih karena si Kecil akan bergerak mengikuti arahan buku. Parents, akan ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan si Kecil dan Parents dari Baby All Baby. Buku ini akan sangat membantu Parents dalam mengembangkan kreativitas si Kecil, melatih kesabaran si Kecil, merangsang rasa ingin tahu si Kecil, dan masih banyak lagi manfaat lainnya bagi si Kecil.

Little Mathematician

Jika Baby All Baby membantu Parents menstimulasi perkembangan si Kecil saat batita, Little Mathematician hadir untuk mengajarkan si Kecil tentang matematika. Little Mathematician merupakan paket buku yang diterjemahkan dari bahasa Korea. Buku ini mencoba memancing minat si Kecil terhadap konsep dasar matematika. Tak hanya memancing minat si Kecil, buku ini juga akan mengajarkan si Kecil tentang manfaat matematika di kehidupan sehari-hari. Tentunya matematika di Little Mathematician dikemas dalam cerita yang menyenangkan dan dapat diterima si Kecil.

Little Mathematician akan sangat memudahkan Parents untuk menjelaskan konsep dasar matematika yang sulit untuk dijelaskan. Buku ini akan membantu Parents mengajarkan si Kecil soal konsep hari dan pekan, mengenai angka 0 (nol), tentang konsep jarak, dan berbagai konsep lainnya yang abstrak untuk dijelaskan. Buku Little Mathematician ini terlalu sayang untuk dilewatkan karena sangat berkualitas sampai mendapatkan penghargaan piala terbaik dalam konten pendidikan Korea dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata di Korea. 

Parents, itulah beberapa rekomendasi buku terbaik anak Korea yang dapat membantu mempermudah Parents dalam mengajarkan berbagai hal kepada si Kecil. Seperti yang Parents ketahui, masa kecil merupakan masa keemasan yang akan membentuk si Kecil di masa depan. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk memberikan fasilitas berupa buku terbaik yang dapat menunjang tumbuh kembang si Kecil.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *